Home » BUMN » Lowongan Kerja BUMN BPJS Ketenagakerjaan Tingkat S2/S3

Share
bpjs

www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Lowongan Kerja Terbaru BUMN BPJS Ketenagakerjaanloker-baru.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJS Ketenagakerjaan adalah program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tangung jawab dan kewajiban Negara – untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan Negara. Indonesia seperti halnya negara berkembang lainnya, mengembangkan program jaminan sosial berdasarkan funded social security, yaitu jaminan sosial yang didanai oleh peserta dan masih terbatas pada masyarakat pekerja di sektor formal.

Sejarah terbentuknya PT Jamsostek (Persero) mengalami proses yang panjang, dimulai dari UU No.33/1947 jo UU No.2/1951 tentang kecelakaan kerja, Peraturan Menteri Perburuhan (PMP) No.48/1952 jo PMP No.8/1956 tentang pengaturan bantuan untuk usaha penyelenggaraan kesehatan buruh, PMP No.15/1957 tentang pembentukan Yayasan Sosial Buruh, PMP No.5/1964 tentang pembentukan Yayasan Dana Jaminan Sosial (YDJS), diberlakukannya UU No.14/1969 tentang Pokok-pokok Tenaga Kerja. Secara kronologis proses lahirnya asuransi sosial tenaga kerja semakin transparan.

Setelah mengalami kemajuan dan perkembangan, baik menyangkut landasan hukum, bentuk perlindungan maupun cara penyelenggaraan, pada tahun 1977 diperoleh suatu tonggak sejarah penting dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.33 tahun 1977 tentang pelaksanaan program asuransi sosial tenaga kerja (ASTEK), yang mewajibkan setiap pemberi kerja/pengusaha swasta dan BUMN untuk mengikuti program ASTEK. Terbit pula PP No.34/1977 tentang pembentukan wadah penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek.

Tonggak penting berikutnya adalah lahirnya UU No.3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK). Dan melalui PP No.36/1995 ditetapkannya PT Jamsostek sebagai badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Program Jamsostek memberikan perlindungan dasar untuk memenuhi kebutuhan minimal bagi tenaga kerja dan keluarganya, dengan memberikan kepastian berlangsungnya arus penerimaan penghasilan keluarga sebagai pengganti sebagian atau seluruhnya penghasilan yang hilang, akibat risiko sosial.

Selanjutnya pada akhir tahun 2004, Pemerintah juga menerbitkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Undang-undang itu berhubungan dengan Amandemen UUD 1945 tentang perubahan pasal 34 ayat 2, yang kini berbunyi: “Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan”. Manfaat perlindungan tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pekerja sehingga dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatkan motivasi maupun produktivitas kerja.

Kiprah Perusahaan yang mengedepankan kepentingan dan hak normatif Tenaga Kerja di Indonesia terus berlanjut. Sampai saat ini, PT Jamsostek (Persero) memberikan perlindungan 4 (empat) program, yang mencakup Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh tenaga kerja dan keluarganya.

Tahun 2011, ditetapkanlah UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sesuai dengan amanat undang-undang, tanggal 1 Januri 2014 PT Jamsostek akan berubah menjadi Badan Hukum Publik. PT Jamsostek tetap dipercaya untuk menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja, yang meliputi JKK, JKM, JHT dengan penambahan Jaminan Pensiun mulai 1 Juli 2015.

Menyadari besar dan mulianya tanggung jawab tersebut, Jamsostek pun terus meningkatkan kompetensi di seluruh lini pelayanan sambil mengembangkan berbagai program dan manfaat yang langsung dapat dinikmati oleh pekerja dan keluarganya.

Kini dengan system penyelenggaraan yang semakin maju, program Jamsostek tidak hanya memberikan manfaat kepada pekerja dan pengusaha saja, tetapi juga memberikan kontribusi penting bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi bangsa dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Pengumuman Penerimaan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Anggota Komite Dan Sekretaris Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Tahun 2016

Dalam rangka melaksanakan tugasnya Dewan Pengawas memerlukan organ pendukung yang terdiri dari Komite dan Sekretaris Dewan Pengawas sebagai Organ Pendukung Dewan Pengawas yang mempunyai keahlian yang akan membantu Dewan Pengawas dalam melaksanakan fungsinya yaitu melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas BPJS Kesehatan Dalam rangka memenuhi kebutuhan Komite yang diperlukan, bersama ini dibuka kesempatan bagi pelamar dengan latar belakang di bidang keuangan, ekonomi, akuntansi, hukum, serta medik sebanyak 9 (sembilan) orang melalui Lowongan Kerja Terbaru BPJS Kesehatan Tahun 2016 sebagai berikut:

 

Kualifikasi

  • Usia pelamar maksimal 45 tahun per 31 Juli 2016, untuk calon anggota Komite
  • Usia pelamar minimal 38 tahun per 31 Juli 2016, untuk calon Sekrertaris Dewan Pengawas
  • Minimal enam tahun pengalaman kerja di bidangnya bagi anggota Calon Komite
  • Minimal enam tahun pengalaman kerja bidang Pengelolaan administrasi, Kesekretariatan, Tata Usaha, Pengadaan Barang dan Jasa di Kementerian/Lembaga atau perusahaan
  • Minimal berpendidikan sarjana S2/S3 di bidang Keuangan/Ekonomi/Akuntansi/Manajemen Rumah Sakit/ Asuransi Kesehatan /Hukum; Khusus untuk Manajemen Rumah Sakit dan Asuransi Kesehatan dengan latar belakang pendidikan profesi Dokter Umum;
  • Minimal indeks prestasi komulatif IPK 3.00 dari Perguruan Tinggi dengan Akreditasi A;
  • Bisa menjalankan aplikasi Komputer (Ms.Word, Ms.Excel, Ms. Powerpoint);
  • Bisa memakai bahasa Inggris aktif, dan mempunyai sertifikat TOEFL yang masih berlaku dengan nilai minimal 500
Persyaratan Dokumen lamaran:
  • Surat Lamaran
  • Curriculum Vitae/Data Riwayat Hidup
  • Pas Foto ukuran 4×6 berwarna 2 (dua) lembar
  • Salinan Kartu tanda penduduk
  • Salinan Kartu BPJS Kesehatan
  • Salinan Ijasah Terakhir yang telah dilegalisir oleh Universitas;
  • Salinan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh Universitas;
  • Salinan Sertifikat TOEFL yang masih berlaku
  • Salinan Surat Referensi dari institusi/perusahaan tempat bekerja sebelumnya;
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter di RS Pemerintah
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  • Khusus pelamar Calon Anggota Komite mencantumkan kode CK dan Sekretris Dewan Pengawas mencantumkan kode SD pada sudut kanan atas amplop lamaran.

 

TAHAPAN PENDAFTARAN

 

1. Pendaftaran

Bagi anda yang tertarik dan memenuhi kualifikasi pekerjaan tersebut, silakan kirimkan aplikasi lamaran anda melalui alamat  POS dengan alamat:

 

Kesekretariatan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Jalan Let.Jend. Suprapto Kav.20 No.14 Cempaka Putih, Jakarta Pusat 10510.

 

2. Seleksi Administrasi / Verifikasi Berkas

Bagi peserta yang berkasnya lulus administrasi dan memenuhi syarat, akan diumumkan melalui Website BPJS Kesehatan : www.bpjs-kesehatan.go.id dan dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya melalui email/telepon /SMS.

 

3. Penulisan Makalah

  1. Peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti seleksi Penulisan Makalah
  2. Seleksi Penulisan Makalah dimaksudkan untuk memperoleh gambaran atas penguasaan peserta di bidang BPJS Kesehatan dan kemampuan peserta dalam menyampaikan pokok-pokok pikirannya secara tertulis.
  3. Tempat Test Penulisan Makalah akan ditentukan kemudian.
  4. Bagi peserta yang makalahnya memenuhi syarat, akan diumumkan melalui Website BPJS Kesehatan : www.bpjs-kesehatan.go.id.

 

4. Asessment

  1. Assessment diperlukan untuk menggali dan memprediksi kemampuan/kompetensi perilaku seseorang dalam menjalankan tugasnya dimasa yang akan dating serta memperoleh gambaran soft-skill seseorang pada bidang-bidang yang diperlukan.
  2.  Bagi peserta yang dinyatakan lulus assessment, akan diumumkan melalui Website BPJS Kesehatan : www.bpjs-kesehatan.go.id dan dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya melalui email

 

5. Presentasi dan Wawancara

Presentasi dan Wawancara merupakan tahapan seleksi terakhir dan akan dilaksanakan oleh Tim dari Kantor Pusat BPJS Kesehatan.

Adapun mekanismenya adalah sebagai berikut :

  1. Setiap Peserta diberi waktu 30 menit untuk presentasi makalahnya dan wawancara.
  2. Khusus untuk Calon Sekretaris Dewan Pengawas waktu presentasi dan wawancara 1 jam.
  3. Sistem gugur.
  4. Tim Pewawancara adalah Ketua dan anggota Dewan Pengawas, Perwakilan dari Direktorat SDM dan Umum, serta Tim Ahli dari Luar BPJS Kesehatan; Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi Presentasi dan Wawancara, akan diumumkan melalui Website BPJS Kesehatan : www.bpjs-kesehatan.go.id dan dipanggil untuk mulai bekerja melalui email

 

Perhatian

  • Hanya kandidat terbaiklah yang akan dipanggil
  • Proses rekrutmen tidak dipungut biaya alias gratis
  • Pendaftaran dibuka sampai tanggal 22 Juli 2016 mendatang
  • Informasi lebih detail dapat dilihat pada:  sumber

 

NB :  Semoga Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda

Archives

Categories